RSS

Sekretaris Balitbang Kemdiknas buka Sosialisasi Model Website Sekolah di Jawa Barat

21 Mei

Bogor, 16 Mei 2011. Sekretaris Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pendidikan Nasional, Dr. Burhanudin Tola, MA membuka acara Sosialisasi Model Website Sekolah di Hotel PP University, Cisarua Bogor. Sosialisasi yang akan berlangsung selama empat hari hingga tanggal 19 Mei 2011 tersebut diikuti oleh 25 orang peserta dari beberapa kabupaten/kota di Jawa Barat dan Banten, seperti Bekasi, Bogor, Bandung, Sukabumi, Tasikmalaya, Majalengka, Cirebon, Indramayu, Cianjur, Garut, Purwakarta, Ciamis, Pandegelang, Kota Tengerang, dan Tangerang Selatan.

Hafidz Muksin selaku Penanggung Jawab Teknis menyampaikan bahwa 25 orang peserta dipilih berdasarkan seleksi secara online. Pendaftaran peserta dilakukan melalui website http://www.kajianwebsite.org yang telah dibuka sejak tanggal 15 April 2011 hingga 30 April 2011. “Untuk wilayah Jawa Barat tercatat 41 orang peserta yang mendaftarkan diri, dan Balitbang hanya memilih 25 orang peserta”  kata Hafidz. Dari 25 orang tersebut mewakili satuan pendidikan dari SD/MI hingga SMA/SMK. “Pesertanya sangat beragam mewakili sekolah MI dua orang, SD dua orang, SMP delapan orang, MTs satu orang, SMA lima orang, dan SMK tujuh orang” tambah Hafidz. Untuk mengetahui kemampuan dan pengetahuan dasar para peserta, diawal acara dilakukan pre test, dan diakhir acara masing-masing peserta diwajibkan presentasi hasil tugas mandiri dalam membuat web sekolahnya. “Kita akan memilih peserta terbaik yang telah berhasil membuat website sekolahnya” janji Hafidz pada peserta.

Lebih lanjut Hafidz menyampaikan bahwa  pelaksanaan sosialisasi model website sekolah ini diharapkan dapat menyebarluaskan penggunaan model website sekolah kepada para peserta, melalui pelatihan yang dipandu langsung oleh dua orang Tim Pengembang Model Website Sekolah, yaitu Dody Firmansyah, S.Kom, dan Hendi Akhmad Hidayat. Di samping itu, untuk mengetahui kekurangan yang masih ada, sekaligus mengevaluasi dan menganalisis model terbaru yang telah  diluncurkan pada tanggal 2 Mei 2011.  “Tim Pengembang sangat kratif dan innovatif mengembangkan model yang telah ada, hingga akhirnya pada tahun ini diluncurkan Versi 3.5, yang diharapkan lebih mudah, praktis, dan memenuhi kebutuhan para pengguna” lanjut Hafidz.

Sementara itu, Burhanudin Tola menekankan bahwa perkembangan IPTEK yang sangat cepat mestinya dapat dimanfaatkan seoptimal mungkin oleh dunia pendidikan. Dalam studi TIMS, yang dilakukan terhadap negara-negara yang terhimpun dalam lingkup OECD, ditemukan bahwa TI dapat mempengaruhi kemampuan siswa dalam pembelajaran. Berdasarkan hal tersebut, Balitbang akan meneliti dampak pemanfaatan TIK dalam pembelajaran, termasuk melihat permasalahan yang dihadapi oleh siswa maupun guru dalam pemanfaatannya. Namun Burhanudin mengingatkan agar pemakaian teknologi tidak harus tergantung pada teknologi tertentu maupun tergantung pada produk tertentu. “Kita harus pandai memilih teknologi dan produk yang paling sesuai dengan karakter dan kemampuan kita” papar Burhanudin.

Untuk itulah Balitbang mengembangkan Model Website Sekolah yang dapat dijadikan salah satu alternatif pilihan bagi sekolah yang ingin memiliki website secara cepat, mudah dan murah. Kami sangat mengapresiasi Tim Pengembang yang penuh dedikasi dan tanpa kenal menyerah menyempurnakan model website sekolah hingga saat ini. “Balitbang berharap pemanfaatan model website sekolah ini akan membawa dampak positif yang luas bagi kemajuan sekolah. Saat ini telah tercatat 410 sekolah yang menggunakan model website ini” lanjut Burhanudin.

Di akhir sambutannya, Burhanudin mengharapkan agar acara ini dapat dijadikan sebagai arena  untuk saling berbagi dan belajar bersama dalam pemanfaatan TIK di sekolah. “Perbedanaan asal instansi, kemampuan, pengalaman, dan latar belakang pendidikan harus dapat saling melengkapi dan menyempurnakan hal-hal yang kurang dalam model ini” kata Burhanudin. Selamat mengikuti sosialisasi semoga dapat memperoleh ilmu dan keterampilan dalam pembuatan website sekolah.  Amin …

Dikutip dari : http://kajianwebsite.org/

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 21 Mei 2011 in Berita

 

Tag: ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: