RSS

ALASAN MENGAPA ORANG MEMILIH HOMESCHOOLING

19 Mei

ALASAN MENGAPA ORANG MEMILIH HOMESCHOOLING

Kini, semakin banyak orangtua yang memilih beralih memindahkan sekolah anak-anak mereka ke rumah, atau sering kita sebut dengan homeschooling. Baik itu individual maupun homeschooling berkelompok.

Ada banyak alasan mengapa para orangtua melakukan hal tersebut. Berikut adalah beberapa alasan mengapa para orangtua beralih ke homeschooling:

1. Orangtua ingin turun tangan langsung dalam pendidikan anak-anak mereka. Keuntungannya, dengan homeschooling orangtua akan dengan mudah mengawasi perkembangan anak-anak, serta memiliki lebih banyak waktu berharga yang dihabiskan bersama dengan anak-anak mereka.

2. Orangtua memiliki pemahaman mereka sendiri tentang pendidikan anak. Mereka mungkin merasa bahwa sekolah formal tidak membuat bakat dan minat anak-anak mereka berkembang dan ditangani dengan baik. Maka dengan homeschooling, orangtua memiliki kesempatan yang lebih banyak untuk menyusun kurikulum sendiri sesuai dengan kebutuhan individu anak, serta menjalankan program-program yang sesuai dengan bakat dan minat anak-anak mereka.

3. Homeschooling lebih fleksibel. Ya, karena kurikulum homeschooling dapat kita susun sendiri sesuai dengan minat dan kemampuan anak, maka tentunya hal ini menjadi lebih fleksibel. Kita dapat memberikan anak waktu yang lebih banyak untuk melakukan dan mengasah apa yang mereka senangi. Dan dapat disesuaikan dengan gaya belajar masing-masing anak. Homeschooling memungkinkan anak untuk menemukan dan menjelajahi apa yang mereka senangi.

4. Alasan moral dan agama. Minimnya waktu pelajaran agama serta kurangnya penekanan dan ketegasan dalam masalah akhlak pun menjadi pertimbangan mengapa orangtua memilih homeschooling.

5. Ketidakpuasan orangtua terhadap kurikulum dan metode pendidikan di sekolah formal. Banyak orangtua yang menyesalkan metode pendidikan sekolah formal yang kurang tepat bagi anak-anak mereka. Entah itu kurikulumnya, cara guru mengajar di kelas, serta lingkungan pergaulan anak-anak selama di sekolah.Ada beberapa orangtua yang memiliki riwayat sekolah formal yang cukup buruk sehingga membuat trauma tersendiri, sehingga memutuskan untuk “menjauhkan” anak-anak mereka dari sekolah formal tersebut.

6. Alasan pekerjaan. Beberapa artis atau selebriti yang memiliki jam terbang tinggi, tentunya memiliki sedikit waktu saja untuk menikmati sekolah formal. Karena padatnya waktu untuk pekerjaan mereka, maka banyak dari mereka yang kemudian beralih ke homeschooling.

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 19 Mei 2011 in Pendidikan

 

Tag:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: