RSS

Membuat Orang Lain Menghargai Anda

18 Apr

Apakah Anda merasa diabaikan, diperlakukan dengan tidak sepantasnya, atau orang tidak mengindahkan diri maupun pendapat Anda? Jangan khawatir, Anda tak sendirian. Anda juga tidak perlu merasa takut karena ada cara khusus untuk mengatasinya.

Bagaimana membuat orang lain menghargai Anda? Untuk membuat orang lain menghargai kita adalah dengan terlebih dahulu menghargai diri sendiri. Perasaan terhadap diri sendiri akan menentukan cara orang lain bersikap terhadap kita. Apabila Anda ingin mendapatkan penghargaan, biasanya itu tampak juga dalam sikap Anda kepada orang lain.

Perasaan kita sebenarnya “dibuat” oleh diri kita sendiri. Tidak ada satu  orang pun yang bisa membuat Anda merasa senewen, merasa bersalah, atau malu. Apabila memiliki perasaan tertentu, itu karena Anda memang menyimpan perasaan tersebut di dalam diri Anda. Sesungguhnya Anda melakukan sesuatu atas perasaan-perasaan tersebut. Namun, yang pertama kali harus dilakukan adalha mengakui bahwa perasaan rendah diri pada Anda berasal dari dalam diri Anda sendiri.

Sebuah teori yang terbukti kebenarannya mengatakan, kalau ingin dihargai oleh orang lain, maka Anda harus melatih mereka memperlakukan Anda sama seperti Anda bersikap terhadpa mereka. Apabila orang melihat bahwa Anda selalu bersikap penuh hormat, maka orang lain akan melakukan hal yang sama pada Anda.

Yang harus diungkapkan:

  1. Banggalah terhadap hasil pencapaian Anda apabila telah menyelesaikannya dengan sukses. Jangan menganggapnya sebagai suatu keberuntungan belaka. Semua itu terjadi karena kerja keras Anda.
  2. Ucapkan “terima kasih” pada orang yang memuji Anda tanpa harus merasa malu.
  3. Ungkapkan perasaan Anda, misalnya Anda harus berani mengucapkan “Aku cinta padamu” pada orang yang memang Anda cintai.
  4. Akui kesalahan Anda, apabila melakukan suatu kekeliruan. Melakukan kesalahan itu manusiawi. Semua orang pernah melakukannya. Yang perlu dilakukan adalah mengakuinya dengan penuh tanggung jawab, mengambil pelajaran dari kesalahan yang dibuat, dan berusaha memperbaikinya.
  5. Apabila seseorang mengancam dengan kata-katan, maka Anda dapat melawannya, dengan perkataan pula. Tidak perlu berteriak.
  6. Jangan menghina orang lain. Seseorang yang menghargai dirinya sendiri tidak pernah merendahkan orang lain agar dia tetap merasa berada di atas orang tersebut.

Yang harus dilakukan:

  1. Berjalanlah dengan penuh percaya diri. Angkat kepala Anda. Yakinlah bahwa Anda melakukan cara berjalan yang benar.
  2. Berpakaianlah dengan rapi “seakan” Anda memang memperhatikan tubuh Anda. Perhatikan juga kerapian serta kebersihan diri.
  3. Cobalah sesuatu yang baru setiap minggu – sebuah majalah terbitan terbaru, acara baru televisi, makanan baru, atau kenalan baru yang bisa Anda ajak berbincang-bincang.
  4. Turuti keinginan hati Anda. Pikirkan sesuatu yang Andaingin orang lain melakukannya untuk Anda, lalu kerjakan sendiri  untuk diri Anda.

Yang harus diyakini:

  1. Yakin bahwa pandangan Anda pribadi terhadap diri sendiri lebih penting daripada apa yang dikatakan orang lain tentang Anda.
  2. Sendirian itu tidak berarti kesepian. Rasa kesepian pada dasarnya berasal dari dalam diri Anda sendiri. Biarpun hidup sendiri, Anda dapat merasa tidak kesepian, sementara banyak orang merasa sangat kesepian walaupun mereka berada di lingkungan yang ramai.
  3. Merasa yakin bahwa Anda adalah orang yang berharga. Entah ada atau tidak orang yang mencintai Anda.
  4. Menyadari bahwa masa lalu adalah tetap masa lalu. Tak peduli seberapa sering merenungkannya, Anda tidak akan dapat mengubahnya.
  5. Yakin bahwa Anda berharga karena Anda adalah Anda, bukan orang lain. Hargai diri Anda sebagai suatu pribadi.

Ketahuilah, Anda apat membangun dan mengubah kehidupan Anda sehari-hari. Tidak pernah ada kata terlambat untuk menjadi orang yang dapat menghargai diri sendiri. Selamat mencoba!

(Sumber: Intisari Online )

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 18 April 2011 in Opini, Pengetahuan Umum

 

Tag: , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: